logo sd tv-edit

KURIKULUM SD GARUT ISLAMIC SCHOOL PRIMA INSANI

Lingkup pembelajaran

  1.  Menggunakan pendekatan pembelajaran TERPADU (Telaah, Eksplorasi, Rumuskan, Presentasikan, Aplikasikan, Duniawi, Ukhowi)
  2.  Melaksanakan proses pembelajaran berbasis HOTS 8 literasi dan mampu menngtransformasikan knowledge dan skill menjadi sikap dan perilaku.

Kurikulum

Pendidikan sebagai upaya “Memuliakan Peradaban” Melibatkan peserta didik untuk memperkuat ketauhidan, mengemban ilmu pengetahuan dan melaksanakan amal kebaikan sebagai perwujudan misi insan unggul (khalifah) dalam kontribusinya terhadap tatanan kehidupan yang lebih baik. Sekolah dasar sebagai “Miniatur Kehidupan Kampung Madani” Garut Islamic School Prima Insani Menyelenggarakan praktek pendidikan dasar yang menerapkan keterpaduan antara nilai – nilai keislaman, nasionalisme dan globalisasi. Melalui penerapan pembelajaran kontekstual berbasis pemecahan masalah secara kolaboratif, peserta didik belajar menjadi warga masyarakat yang teguh prinsip, pendirian dam luas wawasan serta menjunjung kearifan masyarakat lokal sebagai pondasi jati diri untuk berkiprah di tingkat nasional dan global. Penyelenggaraan pendidikan memadukan pendidikan umum (Kurikulum Nasional), pendidikan islam (Aqidah, Akhlak, dan Ibadah) dan pendidikan keterampilan hidup (life skill) yang dikemasi sedemikian rupa melalui pembiasaan dan disiplin diri, kerja sama dan saling menghargai, pengalaman langsung (Studi Lapangan) serta pemanfaatan daya dukung teknologi dan partisipasi masyarakat.

Metode Pembelajaran

Pembelajaran dikembangkan dan diselenggarakan untuk membentuk interaksi saling belajar diantara pendidik dan peserta didik agar dapat saling menghargai keragaman gaya belajar, pola pikir dan kecerdasan jamak (Multiple Intelligences) serta mengoptimalkan potensi setiap individu melalui pembelajaran kolaboratif (Collaborative Learning) yang logis. Peserta didik difasilitasi untuk bekerja sama dalam pemecahan masalah kontekstual (Contextual Learning) melalui kegiatan diskusi, penyelidikan, studi lapangan serta pemanfaatan media dan teknologi pembelajaran.